Alat Kesehatan Pacu Jantung

Alat Kesehatan Pacu Jantung – Jantung merupakan salah satu organ penting dalam menunjang kehidupan manusia. Seringkali sesuatu hal tidak terduga terjadi pada jantung manusia. Fibrillasi Ventrikal atau atrial fibrillations merupakan salah satu tanda bahaya yang dapat mengancam jiwa seseorang. Pertolongan pertama untuk mengatasi hal itu adalah dengan pacu jantung. Artikel ini selengkapnya akan membahas mengenai alat kesehatan pacu jantung, prinsip kerja dan bagaimana aplikasi penggunaanya pada pasien.

Pembaca setia blog kesehatan dimanapun anda berada. Semoga anda dan keluarga anda sehat dan selalu semangat dalam menjalani hari – hari anda. Jumpa lagi dengan blog kesehatan, seputar informasi tentang kesehatan dan berbagai macam alat kesehatan masa kini. Kali ini kita akan mengangkat sebuah tema yang menarik yaitu alat kesehatan pacu jantung.

Sebelum kita masuk ke dalam topic pembahasan ini, alangkah baiknya kita kenal dulu lebih jauh dengan alat kesehatan. Pengertian, fungsi dan pembagian atau jenisnya. Pertama kita bahas dulu pengertian alat kesehatan.

Definisi Alat Kesehatan

Kebanyakan orang ketika ditanya mengenai pengertian alat kesehatan, mereka mempunyai jawaban yang relatif sama. Mereka akan menjawab dengan alat yang digunakan di rumah sakit. Oke jawaban tidak sepenuhnya salah. Untuk itulah mari kita simak penjelasan alat kesehatan menurut undang – undang republic Indonesia tentang alat kesehatan.

Alat kesehatan didefinisikan sebagai instrument, apparatus, mesin, implant yang tidak mengandugn obat yang digunakan untuk mencegah dan mendiagnosis penyakit, merawat dan menyembuhkan orang sakit dan memulihkan kesehatan pada manusia serta untuk membentuk struktur dan memperbaiki jaringan tubuh.

Ketika simak penjelasan diatas, memang alat – alat yang seperti itu kebanyakan dan sebagian besar dipakai di rumah sakit atau klinik. Karena disanalah sumber atau pusat pelayanan kesehatan yang mempunyai kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan seperti pelayanan kesehatan dan perawatan orang sakit.

Fungsi Umum Alat Kesehatan

Sebenarnya kalau kita bicara soal apa fungsi alat kesehatan, kita sudah mendapatkanya di uraian pengertian alat kesehatan yang disebutkan diatas. Sebagian besar fungsi alat kesehatan memang diantaranya adalah untuk mencegah, mendiagnosa penyakit, menyembuhkan orang sakit, dan seterusnya sebagaimana yang telah disebutkan diatas.

Selain itu peranan alat kesehatan sangat penting sekali untuk menunjang berbagai kegiatan yang ada di sebuah unit layanan kesehatan. Diantaranya untuk pemeriksaan, perawatan dan juga untuk diagnosis berbagai macam penyakit yang mungkin di derita oleh seseorang.

Jenis Aalat Kesehatan

Pada umumnya alat kesehatan terbagi ke alam beberapa jenis yaitu alat kesehatan elektromedik, alat kesehatan non elektromedik dan alat kesehatan diagnostic in vitro. Tahukah anda masing – masing jenis alat kesehatan tersebut ?

Pertama : Alat Kesehatan Elektromedik

Alat kesehatan elektromedik adalah alat kesehatan yang berhubungan dengan elekro atau dalam bahasa mudahnya alat kesehatan yang berhubungan dengan listrik. Dalam aplikasinya alat ini dipoerasikan dengan menggunakan energi listrik.

Kedua : Alat Kesehatan Non Elektromedik

Alat kesehatan jenis ini adalah kebalikan dari jenis alat kesehatan yang pertama. Alat kesehatan ini tidak menggunakan energi listrik dalam pengoperasianya. Alat – alat atau instrument yang dapat dipakai tanpa menggunakan energi listrik masuk dalam kategori ini.

Ketiga : Diagnostic in vitro

Jenis alat yang satu ini berbeda dengan jenis sebelumnya yang didasarkan pada penggunaan energi listrik. Untuk jenis ini didasarkan pada fungsinya sebagai mesin diagnosis atau mendiagnosa penyakit. Namun kebanyakan alat kesehatan jenis ini dioperasikan dengan menggunakan energi listrik.

Defibrillator Salah Satu Alat Kesehatan Elektromedik

Salah satu contoh dari alat kesehatan jenis elektromedik yang popular adalah Defibrillator. Alat ini merupakan alat yang digunakan untuk pacu jantung. Prinsipnya adalah stimulus energi listrik dalam jumlah tertentu yang digunakan untuk mengejutkan jantung sehingga dapat kembali berdetak dengan ritma yang normal.

Aplikasi Defibrillator dilakukan apabila seseorang dalam keadaan mengalami indikasi Fibrillasi Ventrikal atau Atrial Fibrillation ialah suatu kondisi dimana jantung bergetar namun tidak dapat memompa darah. Apabila keadaan ini dibiarkan maka dapat mengancam jiwa. Tindakan pertama yang dilakukan adalah dengan menggunakan defibrillator.

Energi listrik dengan kadar tertentu yang disengatkan ke dada pasien dapat menstimulus jantung untuk dapat memulai getaranya dengan normal. Gekimbang kotak yang sering disebut dengan Shock memberikan kejutan ke jantung seolah – olah jantung direstart kembali dari keadaan awalnya.

Jenis Defibrillator

Unit Defibrillasi atau defibrillator ini terdiri dari dua jenis. Manual defibrillator dan Automated Defibrillator. Mode ini terkadan terdapat dalam satu alat, dan ada juga unit khusus yang hanya berfungsi atau bekerja secara automatic saja.

Biasanya disesuaikan dengan keadaan. Untuk unit yang stay di ruangan misalnya di sebuah rumah sakit biasanya menggunakan unit yang manual yang dapat juga diset sebagai automated. Unit ini biasanya berfungsi juga sebagai monitor EKG karena terdapat layar yang dapat menampilkan monitor EKG pasien.

Untuk Automated Defibrillator atau sering disebut dengan istilah (AED) Automated External Defibrillator biasanya untuk penggunaan di lapangan. Energi listrik diperoleh dari baterai yang bertahan cukup lama. Unit ini mempunyai ukuran yang relatif kecil dibandingkan dengan defibrillator manual karena disesuaikan untuk dapat dibawa kemana – mana.

Harga Defibrillator dan Dimana Belinya

Kebutuhan Defibrillator tidak hanya digunakan di rumah sakit saja. Namun sekarang defibrillator juga merupakan sebuah alat yang dibutuhkan di banyak tempat. Di sebuah perusahaan kontraktor, di hotel, di tempat umum dan di berbagai tempat lainya dimana orang dapat dengan mudah mendapatkan pertolongan ketika sesuatu terjadi padanya.

Berapa harga satu unit Defibrillator ? Harga untuk satu unit defibrillator sangat bermacam – macam. Biasanya disesuaikan dengan merk dan Negara asal produksinya. Harga satu unit defib merk cina berkisar antara 20 juta hingga 90 jutaan. Untuk pembelian defibrillator anda bisa mendapatkanya di distributor alat kesehatan seperti di Glorya Medica.

Anda juga dapat mendapatkan informasi lengkap mengenai harga berbagai jenis defibrillator dengan berbagai merk. Atau anda juga dapat memperoleh berbagai informasi tentang alat kesehatan lainya.

Kebutuhan Defibrillator Di Rumah Sakit

Kebutuhan utama Defibrillator adalah di rumah sakit dimana banyak ruangan yang perlu disiapkan unit ini. Beberapa ruangan tersebut diantaranya adalah ruang IGD, ruang Operasi, ruang ICU. Alat ini memang sebaiknya dipersiapkan di ruangan tersebut karena penanganan pasien disana sangat intensif dan kemungkinan memerlukan pertolongan itu relatif tinggi dari ruangan lainya.

Pembaca blog kesehatan dimanapun anda berada. Demikian saja yang dapat kami sampaikan pada kesempata kali ini semoga tulisan singkat ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Top